Penyebab Akun Youtube di Suspend & Banned Terus Menerus

Penyebab Akun Youtube di Suspend & Banned Terus Menerus

Penyebab Akun Youtube di Suspend & Banned Terus Menerus

Baru-baru ini saya mencoba bisnis online google adsense via youtube. Seperti kebanyakan orang, tentu kita di bimbing, baik itu secara membaca tutorial youtube di google atau diajari langsung oleh youtubers yang sudah berpengalaman, teman kita misalnya.

Pada pengalaman google adsense youtube untuk pertama kalinya bagi saya ini, saya sendiri di bimbing langsung oleh pakar youtube adsense yang ada di kota saya. Beliau ini saya rasa sudah tahu betul manis dan pahitnya atau suka dan dukanya bermain youtube adsense.
Nah, seperti youtubers lainnya, bagaimana pun juga dan seberapa lama mereka bermain, tentu masalah youtube yang dihadapi berbeda-beda.
Seperti pengalaman saya saat ini, saluran youtube (channel) saya di suspend terus menerus. Tidak ada angin, tidak ada hujan, langsung di suspend. Padahal video pun tidak ada sama sekali. Waduh, gimana nih?
Berikut, inilah apa penyebab akun youtube sering di suspend atau di banned terus menerus? Bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki channel youtube yang di suspend atau banned?


Penyebab Akun Youtube di Suspend & Banned Terus Menerus


#1. Foto Profil Google Account Youtube

Kalau bermain youtube, saya biasanya menggunakan google account atau membuat email google. Saya belum mencoba menggunakan email Yahoo atau sejenisnya. Atau mungkin memang tidak bisa ya? Soalnya tidak pernah mencoba.

Nah, pada foto profil google account, usahakan untuk tidak menggunakan atau memasang foto atau gambar yang memiliki hak cipta karya orang lain. Pengalaman saya, langsung di banned deh.

Kemarin saya download salah satu icon di situs iconfinder dengan format PNG berbentuk lingkaran dengan ukuran lebar 450px dan 450px tinggi. Selesai di download, langsung saya gunakan untuk foto profil. 
Alhasil, esoknya akun youtube saya langsung di banned hehehe.

#2. Foto atau Gambar pada Sampul Saluran (Channel Art)

Nah, lagi-lagi ini biang kerok kenapa saluran youtube kita di suspend atau di banned terus menerus. Pengalaman saya, saya pernah memasangkan gambar Battlefield4 yang langsung saya download di google (image) dengan kualitas Full HD.

Setelah saya pasang, besoknya saluran youtube saya langsung di suspend oleh pihak youtube. Alasannya karena saya melanggar ketentuan dan kebijakan google adsense youtube.

#3. Akun di Monetisasi tapi Tidak Ada Video

Arti dan maksudnya adalah saluran youtube kita langsung kita kaitkan atau di monetisasi ke google adsense sedangkan di dalam saluran youtube tersebut tidak ada video sama sekali. Ini menurut pengalaman saya secara pribadi ya, tidak tahu pengalaman orang lain.

Sesaat setelah saya monetisasi, sub-channel saya langsung di suspend sampai-sampai channel utama pun ikut terkena dampak atau efek suspend dari sebuah sub-channel.

Akhirul kalam, google account yang terhubung ke youtube pun tidak memiliki akses untuk membuka youtube. Bahkan, untuk login saja pun tidak bisa. Ada 2 pilihan, mengajukan banding atas gugatan... atau membuat akun youtube baru.

KESIMPULAN

Mungkin, untuk kasus pertama dan kedua tidak perlu saya bahas lebih dalam. Lagi pula, kita hanya perlu menghindari hal-hal yang saya jelaskan diatas, artinya jangan coba-coba dengan apa yang saya lakukan kalau tidak ingin akun youtube di suspend atau di banned oleh youtube.

Sedangkan untuk kasus nomor 3, saya rasa pengalaman tiap-tiap orang berbeda. Kasusnya ada yang sama seperti saya, tapi tidak ada masalah sama sekali sampai detik ini. Ya lebih baik, setidaknya upload satu buah video sebelum di monetisasi ke google adsense.

POIN PENTING

Perlu diketahui, memainkan youtube itu jauh lebih sulit dan rumit apabila dibandingkan dengan blog. Kalau blog membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai page-one, sedangkan youtube membutuhkan modal (uang) yang amat banyak seperti membeli nomor handphone untuk pendaftaran emali akun youtube terbaru apabila tiba-tiba di suspend.

Syukur-syukur ada penjual no. HP dan pulsa punya nomor HP bekas yang nggak digunakan lagi, toh kita bisa langsung minta atau membelinya dengan harga obral.

Lebih dari itu, penjagaan dan pengawasan akun maupun channel youtube terhadap karya dan hak cipta orang lain itu sangat ketat. Sedikit salah saja, langsung kena strike 1 - 2 - 3. Dan bisa di bilang, kemungkinan terbesar langsung di suspend atau di banned.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Silahkan Berkomentar dengan Sopan..
Dilarang komentar yang mengandung spam, sarah, atau saling menjatuhkan..
Anda juga dapat berkomentar dengan akun facebook anda melalui Tab FACEBOOK yang ada di sudut atas komentar ini..

Advertiser